Mengatasi “no IDE Master H.D.D detected!”

Kejadian ini baru aja terjadi 2 jam yang lalu sebelum sya posting informasi ini, begini ceritanya, (wedeh-wedeh) ketika sya lg troble shooting PC sodara sya, karna Fan CPU nya error slah pasang powernya akhirnya uda sya benerin, tp ketika sya POST pertama kali, muncul peringatan setelah semua perangkat terdeteksi “no IDE Master H.D.D detected!” press F1 to continue, wah sya lngsung bingung koq bs muncul pesan sperti itu, padahal harddisk sudah ok terdetek di BIOS & klo sya cba tekan F1 bisa jalan Sistem Operasinya. Langkah pertama saya cba oprek2 BIOS nya di bagian IDE configurasinya, sya cba ganti type harddisk “enhanched” menjadi “compatible” lalu saya save truz restart, eh trnyata ketika di POST langsung stack pas detek perangkat n g bs tekan DEL. wah lngsng aja insting main cabut CMOS spya settingan terulang dari awal. kembali sya setting BIOS nya, sya kembalikan dari awal. sya cba pikir. apa ya kira2 yang bermasalah, sya cba googling ga dpt. ada dapt tp bhasa inggris. wah sayangnya lg malas menterjemahkan. tp di saat sya googlong ada gambar “Kabel SATA” lngsng lagi insting sya main. mngkin kabelnya bermasalah minta di ganti baru. Ketika itu lngsng saya cek port SATA di Motherboardnya. perasaan saya ada yang aneh. perasaan saya ni salah pasang kabel SATA di port nya. port nya ada 4. tp di pasang di port SATA 3. ywda saya cba pindain ke SATA 1. setelah cba tes POST lagi. eh ternyata eh ternyata hilng tuh pesan “no IDE Master H.D.D detected!” n lngsng booting ke SO nya. langsng dlm hati saya ALHAMDULILAH…. hehehe.

 

Oke, dari inti cerita di atas bisa di simpulkan kenapa bisa muncul “no IDE Master H.D.D detected” ialah karena salah pemasangan port SATA di motherboard. seharusnya pemasangan kabel SATA di pasang pada port SATA 1. itu untuk teknis nya. klo detilnya masih lom nemu nih. hehe sekian dari sya semoga bermanfaat!

Note : Insting ternyata dapat menyelesaikan apapun pekerjaannya walaupun terkadang insting itu bisa salah, dan jg insting dapat membuang waktu banyak ketika kita tidak mempunyai dasar ilmu yang kita miliki sehingga persentase kesalahan juga lebih bnyak.